Cake Decoration

Posted by System 28/01/2019 0 Comment(s)

Selalu menyenangkan melihat kue ulang tahun dengan bentuk dan dekorasi yang unik. Terkadang rasanya seperti sedang melihat sebuah karya seni daripada sebuah kue, bahkan ada yang enggan memakannya karena dekorasinya sangat bagus.

 

Cake decoration atau dekorasi kue tidak hanya soal membuat kue yang lezat, tapi juga seperti membuat sebuah karya seni yang dapat dimakan. Nilai yang diberikan dalam sebuah cake decoration tidak hanya aspek rasa, tapi juga aspek visual, kreativitas, dan aspek seni.

Lalu seperti apa sebenarnya yang disebut dengan cake decoration?

Cake decoration merupakan seni artistik dalam pembuatan sebuah kue. Biasanya jenis kue yang sering digunakan untuk dekorasi antara lain kue ulang tahun, kue pernikahan, cupcakes, atau segala jenis kue yang menggunakan krim sebagai salah satu bahan yang dominan. Seni cake decoration biasanya menjadikan sebuah kue memiliki tampilan yang berbeda dari biasanya. Dengan menggunakan buttercream dan fondant, kue akan dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang unik, menarik, dan memiliki nilai seni.

 

Sang pembuat sendiri disebut sebagai cake decorator. Istilah ini muncul seiring dengan berkembangnya tren dekorasi kue. Awalnya, tidak ada profesi cake decorator karena pada mulanya setiap pembuat kue pernikahan atau ulang tahun akan otomatis menghias kue tersebut, tentu dengan model yang seperti pada umumnya.

 

Cake decorator mulai menjadi profesi ketika para pembuat kue menyadari bahwa permintaan dekorasi kue semakin meningkat. Selain pesanan kue, kini permintaan juga lebih banyak mengarah ke dekorasinya. 

 

Menjadi Seorang Cake Decorator

 

Apakah harus mengambil sekolah khusus jika ingin menjadi seorang cake decorator? Sejatinya pendidikan formal bukan sebuah kewajiban dalam membangun karir sebagai cake decorator, tapi mungkin itu bisa membantu. Artinya, ilmu dekorasi kue bisa dilakukan secara otodidak. Bisa belajar sendiri, atau melihat referensi di YouTube.

 

Tidak harus melulu sekolah, mengikuti berbagai macam baking class juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Biasanya Anda akan diberikan materi seputar pengolahan kue seperti teknik icing yang baik, membuat buttercream yang lembut dan berbagai trik dekorasi yang lebih professional. Banyak akses dan peluang untuk mencari ilmu di bidang dekorasi kue.

 

Prospek Karir yang Luas

 

Tanpa disadari, menjadi seorang cake decorator ternyata memiliki peluang karir yang cukup luas. Cake decorator tidak harus selalu bekerja sendirian, peluang untuk mengembangkan karir professional pun sangat terbuka.

 

Toko bakery menjadi tempat terbaik untuk memulai karir sebagai cake decorator. Kebiasaan konsumen yang gemar memesan kue di toko bakery tentu membuka peluang bagi para cake decorator untuk belajar. Bekerja di Hotel juga menjadi peluang baik, apalagi kini makin banyak hotel yang menyediakan menu dessert dan cake bagi para tamu yang menginap. Toko Kue Pernikahan, Restoran, atau berwirausaha menjadi beberapa opsi bagi para cake decorator.

 

Paham Karakter, Teknik, dan Bahan Kue

 

Seperti yang sudah disebutkan, menjadi cake decorator tidak hanya sekedar membuat kue, diperlukan teknik dan pengetahuan tinggi. Teknik dasar seperti piping, color blending, atau layering harus dikuasai.

 

Karena dalam dekorasi kue juga terdapat unsur seni dan artistik, jadi cake decorator juga dituntut untuk memilki kepekaan dan intuisi yang cukup baik dalam bidang seni rupa.

 

Selain kemampuan membuat kue, pemilihan bahan baku menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan. Bahan dasar dekorasi kue adalah penggunaan krim atau buttercream.